Sabtu, 27 November 2010

Jilbab Wanita Muslimah

1. MELIPUTI SELURUH BADAN SELAIN YANG DIKECUALIKAN
(surat An-Nuur : 31 & surat Al-Ahzab : 59)
2. BUKAN BERFUNGSI SEBAGAI PERHIASAN
(An-Nuur ayat 31 & Al-Ahzab ayat 33)
3. KAINNYA HARUS TEBAL/TIDAK TIPIS
(Rasulullah telah bersabda :"Pada akhir umatku nanti akan ada wanita-wanita yang berpakain namun (hakekatnya) telanjang. Di atas kepala mereka seperti terdapat bongkol (punuk) unta. Kutuklah mereka karena sebenarnya mereka adalah kaum wanita yang terkutuk." Di dalam hadits lain terdapat tambahan: "Mereka tidak akan masuk surga dan juga tidak akan mencium baunya, padahal baunya surga itu dapat dicium dari perjalanan sekian dan sekian.")
4. HARUS LONGGAR/TIDAK KETAT SEHINGGA TIDAK DAPAT MENGGAMBARKAN SESUATU DARI TUBUHNYA
(Usamah bin Zaid pernah berkata : Rasulullah pernah memberiku baju Quthbiyah yang tebal yang merupakan baju yang dihadiahkan oleh Dihyah Al-Kalbi kepada beliau. Baju itu pun aku pakaikan pada istriku. Nabi bertanya kepadaku :"Mengapa kamu tidak mengenakan baju Quthbiyah ?" Aku menjawab:Aku pakaiakan baju itu pada istriku. Nabi lalu bersabda:"Perintahkan ia agar mengenakan baju dalam di balik Quthbiyah itu, karena saya khawatir baju itu masih bisa menggambarkan bentuk tulangnya." ; Aisyah pernah berkata :Seorang wanita dalam shalat harus mengenakan tiga pakaian, Baju, jilbab dan khimar. Adalah Aisyah pernah mengulurkan izar-nya (pakaian sejenis jubah) dan berjilbab dengannya.Pendapat yang senada juga dikatakan oleh Ibnu Umar :Jika seorang wanita menunaikan shalat, maka ia harus mengenakan seluruh pakainnya:Baju, khimar dan milhafah (mantel).
5. TIDAK DIBERI WEWANGIAN ATAU PARFUM
(Rasulullah bersabda:"Siapapun wanita yang memakai wewangian, lalu ia melewati kaum laki-laki agar mereka mendapatkan baunya, maka ia adalah pezina.")
6. TIDAK MENYERUPAI PAKAIAN LAKI-LAKI
(Dari Abu Hurairah berkata:Rasulullah melaknat pria yang memakai pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian pria)
7. TIDAK MENYERUPAI PAKAIAN WANITA-WANITA KAFIR
(surat Al-Hadid :16,An-Nisa ayat 46 & Al-Mujadalah : 22)
8. BUKAN PAKAIAN UNTUK MENCARI POPULARITAS (PAKAIAN KEBESARAN)
(Berdasarkan hadits Ibnu Umar yang berkata :Rasulullah bersabda :"Barangsiapa mengenakan pakaian (libas) syuhrah di dunia, niscaya Allah mengenakan pakaian kehinaan kepadanya pada hari kiamat, kemudian membakarnya dengan api neraka.")

Kesimpulannya adalah :
Hendaklah menutup seluruh badannya, kecuali wajah dan dua telapak dengan perincian sebagaimana yang telah dikemukakan, jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh, tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas.


Salam,
Pencari Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar