Selasa, 19 Juli 2011

Bermain Aman

Ada seoran teman bertanya kepadaku kemarin...Sebetulnya Tuhan itu ada gak sih? Buat apa kita beragama? Untuk apa kita hidup? Apakah akan ada kehidupan setelah mati (reinkarnasi)? Kenapa kita harus meyakini suatu aliaran agama tertentu? Atau kenapa Tuhan menciptakan bamyak keyakinan jika Tuhan ingin disembah dengan 1 cara?

mungkin tidak jarang atau pernah terlintas pertanyaan-pertanyaan serupa di benak teman-temans semua. Hanya saja ada yang berani mengungkapkannya langsung pada ahlinya, ada yang mencari tahu sendiri melalui berbagai media, atau hanya diam saja dalam kebingungan. yang manakah kalian diantaranya?

aku tahu aku bukan ahlinya tentang ilmu ketuhanan dan tentang keyakinan beragama. aku tahu ilmuku masih sangat dangkal untuk menjawab hal itu secara ilmiah atau teoritis, tapi aku punya jawaban sederhana yang masuk akal yang semua kalangan dapat memahaminya. jawaban itu kuberi kunci "bermain aman".

baiklah, akan kujelaskan tentang konsep "bermain aman" milikku. pada dasarnya aku memang tidak tahu Tuhan itu ada atau tidak? dan seperti apa rupaNya? aku memang tidak mengerti tujuan kita hidup di dunia ini untuk apa dan mengapa kita harus meyakini suatu aliran agama tertentu? atau apakah reinkarnasi setelah mati itu benar-benar terjadi atau kemudian pada akhirnya kan mengarah pada surga dan neraka? sungguh, aku bukan ahlinya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan diluar logika itu. aku hanyalah mahasiswa biasa yang mencoba menjawab pertanyaan ini sesuai dengan ilmu yang kupunya dan pengalaman hidupku yang masih dangkal.

sampai saat ini, aku masih beragama sesuai ajaran orang tuaku dan meyakini Tuhan itu ada walaupun aku tidak tau seperti apa rupanya. aku masih beribadah dalam hidupku untuk mempersiapkan bekalku setelah mati, ketika reinkarnasi itu datang dan aku tetap berpegang teguh bahwa semua itu ada dan akan terjadi kelak. itulah pilihanku, karena kalaupun hal itu tidak ada, maka apa yang telah kulakukan sekarang ini tidak akan menjadi sesuatu yang merugikan kelak tapi akan menjadi pengalaman hidupku yang berarti. tapi bagaimana jika semua hal yang dipertanyaka itu memang ada dan benar-benar terjadi? jika itu terjadi padaku, maka aku tidak akan menyesal karena semua yang telah kulakukan semasa hidup yang singkat itu, aku telah melakukan perintah Tuhan dan mendalami ajaran Tuhan. selanjutnya bagaimana tuhan akan menenpatkanku di surga atau nereka dengan pilihanku kini? seandainya aku tidak berbuat apa-apa dan bersikukuh pada yang tidak ada, apa jadinya nanti jika hal itu benar-benar nyata?

hidup itu pilihan kawan, kelak mungkin akan ada surga atau neraka pada akhirnya, atau mungkin tidak ada sama sekali...hadapilah kehidupan setelah kematianmu kawan dengan pilihan-pilihan hidupmu sekarang.
dan ini pilihan hidupku dengan "bermain aman" dari semua kemungkinan itu yang tidak ada seorangpun bisa membuktikannya dengan logika.



Salam,
Pencari Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar